Nostalgia bersama N5M


Dari judul mungkin ada yang menyangka aku adalah jebolan dari Pondok Modern seperti yang diceritakan dalam Novel Negeri 5 Menara (GR mode on). Nyatanya bukan. Jangankan lulus, masuk ke dalamnya pun belum pernah.😀
Dahulu saat masih SMP memang pernah terbersit rencana dan bercita-cita untuk mesantren/ mondok menjadi seorang santri sesungguhnya. Saat itu aku memang belajar mengaji dan mondok di madrasah, namun masih bersifat bebas karena tidak ketat seperti pesantren sesungguhnya. Lokasi madrasah pun relatif dekat dengan rumah. Jadi kalau bosan atau lapar bahkan malas, bisa pulang seenaknya.

Lantas hal apa yang bisa membuat aku dapat bernostalgia dengan novel karya Ust. A. Fuadi tersebut?? Begini ceritanya, aku memiliki seorang guru, Ustad Mulhat namanya sekarang aku dan teman-teman memanggil Pak Haji setelah beliau menunaikan rukun islam ke-6. Ketika duduk di bangku SMP, aku dan teman-teman di kampung mengikuti Madrasah Diniyyah atau biasa disebut sekolah agama. Jadi setelah pulang sekolah formal, siang hari dilanjutkan ke sekolah agama ini. Selain itu pada malam hari dengan diajarkan Ust. Mulhat, aku dan teman-teman belajar menggaji. Yang diajarkan macam-macam mulai ilmu nahwu, shorof, bahasa arab, fikih, tarikh, tauhid, muamalah dll. Beliau adalah seorang ulama yang lulus dari berbagai pesantren salah satunya adalah Pondok Modern yang terkenal itu Gontor. Cara mengajar beliau mengadopsi cara mengajar almamaternya secara tidak langsung saat aku membaca novel Negeri 5 Menara, aku merasakan apa yang dirasakan Sahibul Menara. Dan itu mengantarkanku kembali 10-13 tahun silam, nostalgia memang terasa indah dan terasa masih hangat. Sampai-sampai novel setebal 400an itu aku habiskan dalam sehari.🙂

Seandainya, dahulu aku memaksakan kehendak untuk nyantri di satu pesantren apa jadinya ya!!! Sungguh rencana Allah sungguh indah, tak dapat ditebak.. Namun patut kita syukuri karena itulah yang terbaik.😉
Mungkin, suatu saat ada dari keluargaku atau bisa saja anak cucuku yang akan mewujudkan salah satu cita-citaku menjadi seorang pencerah dunia dan akhirat dengan jalan mondok di pesantren. Wallahu ‘alam.
Untuk para sahabat, sudahkan membaca Novel Negeri 5 Menara? katanya mau difilmkan, dan ini adalah trilogi pertama jadi bakalan ada buku lanjutannya.. so excited..

Eh, iya.. aku gak bikin review tentang buku N5M.. aku kurang bisa menceritakan ulang satu buku, kalau penasaran bisa lihat di blog yang lain aja, banyak koq malah lebih jago.😀

Terima kasih buat minthoel yang dah ngasih pinjem, ditunggu pinjaman buku selanjutnya.😉

*gambar diculik dari http://www.negeri5menara.com

About esdynoa

aq adalah orang yang pengen ikut berpartisipasi dalam hiruk pikuk kehidupan maya moga aja dengan membuat blog ini aq bisa lebih serius untuk belajar dan selalu bersemangat :D
This entry was posted in ceritaku, informasi, kisah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

